faktor pendukung keberhasilan inovasi
Menurut James Brian Quinn, Faktor-faktor pendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan kemampuan inovatif seperti berikut ini:
- Inovasi harus berorientasi pasar (market oriented). Arinya produk/jasa yang ditawarkan dapat dibutuhkan pasar (pembeli) sehingga mampu bersaing dalam penjualan yang mengacu pada 5 C seperti berikut ini:
- Competitor (pesaing yang dihadapi).
- Competitor (persaingan)
- Chage of competition (perubahan persaingan)
- Chage driver ( penentu arah perubahan)
- Costumer behavior (Perilaku konsumen)
- Inovasi harus mampu meningkatkan nilai tambah (value added). Artinya menjadi pendongkrak pertumbuhan penjualan.
- Inovasi harus mampu meningkatkan efesien dan efektivitas, baik dari sudut waktu maupun biaya.
- Inovasi harus sejalan dengan misi dan visi usaha sehingga tidak menyimpang dari pertumbuhan usaha (contra productive).
- Inovasi harus dapat ditingkatkan (continuous improvement)..
Untuk artikel kali ini cukup sekian, dan jangan lupa like fan page kami